SHARE

Assalamu’alaikum pembaca, bagaimana kabar Anda dan keluarga hari ini ? Semoga selalu sehat ya, kita berdoa bersama-sama untuk diberikan kesehatan lahir bathin oleh Allah SWT, amiiin …

Sebelum Anda membaca lebih jauh akan kami jelaskan melalui gambar di bawah ini tentang letak yang sebenarnya dari Masjidil Aqsha, agar Anda tidak salah dan bisa membagikan pengetahuan ini kepada yang lain ya untuk menjadi ladang amal.

Anda mungkin sudah tidak asing lagi mendengar tentang Masjidil Aqsha. Yap betul, salah satu tempat suci di palestina negeri syam ini adalah tempat yang sangat istimewa. Bagaimana tidak istimewa banyak kelebihan tempat ini yang saya rasa pantas untuk dijadikan artikel agar menambah pengetahuan kita.

Setidaknya ada 5 fakta tentang masjidil haram yang akan kami sajikan dalam artikel ini, jika Anda merasa ada fakta yang belum tersebutkan jangan sungkan-sungkan menambahakannya di kolom komentar ya, kita sama-sama bangun blog ini agar bermanfaat untuk lebih banyak orang.

  • 1. Pernah menjadi kiblat shalat

Seperti yang sudah ada di judul bahwa Masjid Al-Aqsa memang pernah menjadi kiblat pertama shalat bagi umat Islam. Akan tetapi Allah SWT kemudian memberi kepada Nabi Muhammad SAW untuk memindahkan arah kiblat menjadi menghadap Kakbah yang berdiri di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi.

  • 2. Memiliki arti unik

Dikutip dari Ensiklopedia Sirah Nabi Muhammad SAW, bahwa penamaan masjid ini unik. Masjid yang memiliki kubah yang berwarna biru keabu-abuan ini bernama aqsha berarti “terjauh”, karena jauhnya jarak antara Masjidil Aqsha dengan Masjidil Haram.

  • 3. Berada di tempat turunnya para nabi

Allah SWT menyebut Masjidil Aqsha sebagai tempat yang sekelilingnya diberkahi. Berkah tersebut mencakup keberkahan dalam bidang agama dan bidang dunia. Jadi jangan sungkan-sungkan jika Anda ingin berlibur, pilih saja paket liburan ke luar negeri menuju ke Masjid di kota para nabi ini.

“…keberkahan dalam bidang agama dan bidang dunia.”

Berada di negeri para nabi palestina, sekeliling Masjidil Aqsha mempunyai keberkahan di bidang agama, sedangkan keberkahan dunia karena dikelilingi oleh kebaikan-kebaikan duniawi, yaitu terdapatnya sungai-sungai, pohon-pohon, dan buah-buahan yang semua itu menjadi sebab terpenuhnya kehidupan dan bahan makanan.

  • 4. Masjid kedua di muka bumi

Fakta selanjutnya adalah bahwa Masjidil Aqsha merupakan masjid kedua yang dibangun di atas bumi. Dilansir dari hadits Abu Dzar yang diriwayatkan oleh al-Bukhari dan muslim. Dia berkata, “Aku bertanya, ‘Wahai Rasulullah! Masjid manakah yang pertama dibangun di muka bumi?’ Beliau menjawab, ‘Masjidil Haram.’ Aku bertanya lagi, ‘Kemudian masjid mana?’ Beliau menjawab, ‘Masjidil Aqsha.’ Aku bertanya lagi, ‘Berapa jarak (pembangunan) antara keduanya?” Beliau menjawab, ‘Empat puluh tahun.’”

Terdapat perbedaan pendapat mengenai siapakah yang pertama membangunnya. Pendapat pertama menyatakan bahwa yang pertama adalah salah seorang putra Nabi Adam AS. Pendapat kedua menyatakan bahwa yang pertama membangunnya adalah para malaikat kemudian sebagian besar para nabi merawatnya.

  • 5. Tempat bersinggah Rasulullah SAW saat Isra Mi’raj

سُبْحَانَالَّذِيأَسْرَىبِعَبْدِهِلَيْلًامِنَالْمَسْجِدِالْحَرَامِإِلَىالْمَسْجِدِالْأَقْصَىالَّذِيبَارَكْنَاحَوْلَهُلِنُرِيَهُمِنْءَايَاتِنَاإِنَّههُوَالسَّمِيعُالْبَصِيرُ

“Maha Suci Allah yang telah memperjalankan hamba-Nya pada waktu malam dari Masjid Al Haram ke Masjid Al Aqsha yang diberkahi sekelilingnya untuk Kami perlihatkan tanda-tanda kekuasaan Kami, bahwasanya Dia itu Maha Mendengar dan Maha Melihat“. (Q.S. Al-Isra [17] : 1)

Kutipan ayat di atas menerangkan bahwa Masjidil Aqsha menjadi tempat transit Rasulullah shallallaahu ’alaihi wasallam saat melakukan perjalanan Isra’ Mi’raj.

Dibanding paket perjalanan wisata lain, mengadakan perjalanan ke Masjid Al Aqsha merupakan “piknik” yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam sebagaimana hadits:

لاَتُشَدُّالرِّحَالُإِلاَّإِلَىثَلَاثَةِمَسَاجِدَمَسْجِدِالْحَرَامِوَمَسْجِدِيهَذَاوَالْمَسْجِدِالْأَقْصَ

“Tidak dikerahkan melakukan suatu perjalanan kecuali menuju tiga Masjid, yaitu Masjid Al Haram (di Mekkah), dan Masjidku (Masjid An-Nabawi di Madinah), dan Masjid Al Aqsha (di Palestina)”. (H.R. Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu).

Mazq Tour selain menawarkan paket haji, paket promo umroh lengkap beserta pelatihan manasik haji dan umrah dan tentunya urusan oleh oleh umroh dan haji juga menawarkan paket wisata islami ke masjidil Aqsha ini.

Kalau ingin mendapatkan paket murah umroh pun bisa dengan program Umroh plus yang info selengkapnya bisa Anda dapatkan dengan menghubungi customer service kami disini.

Dapatkan pengalaman luar biasa dengan kami mengunjungi tempat bernuansa Islam yang tentunya akan membuat hati Anda tergetar melihat keindahannya. Paket liburan luar negeri murah berupa paket tour asia dan lainnya selalu kami sajikan setiap bulannya sebagai promo khusus untuk Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here