SHARE

Assalamualaikum sahabat. Tempat wisata di turki lagi nih, eh jangan salah ini spesial lho. Namanya Basilica Cistern. Banyak yang bilang tempat di kota Istanbul ini sebagai istana yang tenggelam atau di turki disebut dengan nama Yerebatan Sarnici.

Tempat ini memiliki struktur bawah tanan yang menjadi satu peninggalan arsitektur bernilai sejarah tinggi yang jadi kebanggaan Turki. Faktanya Basilica Cistern adalah tempat penyimpanan air berukuran raksasa untuk istana raja Byzantium.

baca juga : Mengapa Maroko Disebut Negeri Matahari Terbenam ?

sumber foto : Wikimedia Commons/David Bjorgen

Kalo kita lihat dari luar  tidak terlihat pesona nya karena sebagian besar struktur ini memang terletak di bawah tanah. Daya tarik utama Basilica Cistern adalah 336 pilar marmer yang menyangga struktur. Beberapa pilar dihiasi ukiran kepala Medusa, sang Gorgon yang diputar.

sumber foto : Wikimedia Commons/David Bjorgen

Ada yang unik di lantai diantara pilar-pilarnya. Lantainya senantiasa tergenang air dan dihuni oleh ikan karper. Sementara bagian samping difungsikan sebagai kafe untuk para wisatawan. Lantai tergenang Basilica Cistern dihuni ikan-ikan karper. Dilansir Yerebatan, Basilica Cistern didirikan atas perintah Kaisar Konstantin dan diperluas pada masa Justinianus.

Sebelum dijadikan tempat cadangan air bersih untuk istana, bangunan ini berfungsi sebagai tempat pertemuan dan pusat kesenian seluas dua lapangan bola. Istana ini ditemukan oleh sejarawan Petrus Gyllius pada tahun 1545 ketika Istanbul masih menjadi bagian dari Konstantinopel.

Unik banget ya istana Basilica Cistern ini. Kesana yuk 😀 kuatkan niat biar lebih mantap sekalian umroh dalam paket Umroh plus Turki. Bersama kami mari nikmati wisata islami, Insya Allah.

Call center : 022-723 3307
WhatsApp : 08112033382
📍
 Jl. W.R. Supratman No.102, Bandung – Indonesia
✉️
 info@mazqtour.co.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here