SHARE

Assalamualaikum wr wb, sahabat. Pernah terdengar baik itu dari cerita lisan dari orang yang telah menunaikan ibadah haji atau umroh ataupun dari majelis pengajian tentang Raudhah.

Sahabat sendiri sudah paham betul mengenai tempat ini ? Jika belum yuk Mazq Tour, travel haji dan umroh akan coba berikan informasi nya untuk sahabat. Raudhah berarti “taman’ yang menggambarkan kesejukan dan kenikmatan.

Raudhah adalah area antara rumah dengan mimbar Nabi sebagaimana hadis shahih Riwayat Bukhari :

ما بين بيتي ومنبري رَوْضَةٌ مِنْ رِيَاضِ الْجَنَّةِ

“antara rumahku dan mimbarku adalah raudhoh (yaitu) taman dari surga, dan mimbarku di atas kolam”.

Inilah kenapa alasan banyak jamaan berburu tempat di depan kiri Majsid Nabawi ini untuk shalat dan berdoa. Ada enam tiang bersejarah di dalamnya, yaitu :

  1. “Tiang Utusan” yang digunakan Nabi dahulu sebagai tempat menerima utusan yang datang.
  2. “Tiang Pengawal” tempat berdirinya para pengawal Nabi.
  3. “Tiang Tempat Tidur” yang merupakan tempat Nabi tidur selama i’tikaf.
  4. “Tiang Abu Lubabah” yaitu tiang tempat Abu Lubabah mengikatkan diri karena menyesal telah membocorkan rahasia kepada orang yahudi.
  5. “Tiang Aisyah” yang diyakini ditunjuk Aisyah sebagai tempat Rosulullah mengimami shalat berjamaah.
  6. “Tiang Mukholaqah” tempat bersandar Nabi ke batang pohon kurma saat khutbah jum’at.

Luas area taman surga ini hanya sekitar seluas lapangan basket 144 meter persegi saja berupa karpet hijau sementara seluruh karpet Masjid Nabawi merah warnanya. Jika beribadah di Raudhah pun diyakini pahalanya adalah 1.000 kali lipat.

Oleh karena itu, petugas mengatur supaya jamaah bergantian berdoa di Raudhah. Setiap 30 menit waktu kita untuk shalat sunah dan berdoa di Raudhah, kemudian berjalan melewati makam Nabi Muhammad yang dulu adalah rumahnya.

Nah kami ada 2 tips yang oleh kami travel perjalanan umroh Mazq Tour sadur dari travel.detik.com Bagaimana caranya bisa berjam-jam di Raudhah supaya puas shalat dan berdoa? tapi sayang ini hanya bisa dilakukan jamaah pria.

Pertama adalah itikaf sejak tengah malam sampai pagi.
Pengunjung malam hari lebih sepi, tapi bukan artinya tidak rebutan. Tapi setidaknya ada peluang untuk bisa lebih lama di Raudhah atau menunggu jamaah lain selesai dan kita bertukar tempat.

Yang kedua jika datang ke Masjid Nabawi menjelang salat subuh, cobalah ambil posisi sedekat mungkin dengan panggung untuk adzan. Dari panggung adzan sampai ke makam Rasulullah adalah area Raudhah yang nantinya dipakai jamaah perempuan.

Begitu shalat selesai, area Raudhah akan dipisahkan antara laki-laki dan perempuan. Ayo segera masuk ke area perempuan! Penandanya adalah partisi plastik putih. Nah, mobilitas pengunjung di area Raudhah laki-laki akan berlangsung seperti biasa, tapi tidak dengan area perempuan.
Jamaah yang terlanjur masuk ke area Raudhah perempuan, akan dibiarkan saja di dalamnya dan tidak akan diusir-usir. Kita bisa sepuasnya berdoa, shalat dan mengaji di dalam Raudhah.

Sampai kapan? Sampai petugas selesai memasang sekat-sekat dan jalur akses masuk untuk jamaah perempuan ke Raudhah. Termasuk memasang spanduk imbauan supaya tertib, dan partisi panjang dari pintu perempuan di sisi utara Masjid Nabawi.

Jamaah perempuan akan mulai masuk ke Raudhah sekitar pukul 07.00 waktu Madinah. Jadi, kita bisa menikmati Raudhah sepuasnya dari selepas subuh, sampai menjelang kedatangan jamaah perempuan. Saat itulah Raudhah di area perempuan akan sepi sekali karena jamaah laki-laki akan mulai dipersilakan pergi. Semoga bermanfaat tips ini.

Kami Mazq Tour travel haji dan umroh bandung menawarkan sahabat paket umroh termurah tapi tidak murahan dengan kredibilitas kami berpengalaman mendampingi, menfasilitasi sahabat dalam menunaikan Ibadah Umrah ke tanah suci.

Alhamdulillah sudah banyak testimoni jamaah Tour & travel bandung Mazq Tour kami ini baik itu kalangan artis maupun masyarakat umum, lihat testimoni di halaman galeri kami. Kami menyediakan pula paket umroh keluarga dan paket umroh plus ke berbagai belahan benua di dunia.

Antara lain tour eropa muslim ke turki, aqsha, paket wisata ke luar negeri china, paket wisata halal ke jepang dan tempat-tempat lainnya.  Mazq Tour memiliki harga kompetitif untuk travel muslim Indonesia yang terpercaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here