SHARE

Assalamualaikum sahabat Mazq Tour – Biro Jasa Umroh dan Umroh Plus. Di artikel yang lampau kami telah suguhkan kepada Anda serba-serbi tatanan umroh termasuk salah satu nya thawaf.

Kali ini di tulisan yang semoga bermanfaat ini kami sajikan kembali satu sunnah yang harus Anda hidupkan saat selesai thawaf yaitu Shalat Sunnah Setelah Thawaf. Shalat ini menurut jumhur ‘ulama hukumnya adalah sunat muakad. Lalu bagaimana cara melaksanakan solat sunat tawaf ini ? Berikut panduannya :

1. Niat

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الطَّوَافِ رَکْعَتَيْنِ لِلَّہِ تَعَالَى

Usholii sunnatat thowafi rok’ataini lillahi ta’aala
Artinya : Aku sholat sunat tawaf dua rakaat karena Allah Ta’ala

2. Bacaan sunnah setelah Fatihah

Proses solat tawaf tidak beda dengan solat sunnah 2 rakaat lainnya namun disunatkan untuk membaca surah al-Ikhlas dan al-Kaafiruun setelah al-Fatihah sesuai hadist Nabi SAW berikut ini :

عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَقْرَأُ فِي الرَّكْعَتَيْنِ
قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌوَقُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ

Artinya : Bahawasanya Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam membaca dalam solat dua rakaat (Solat Tawaf) Qul huwallahu Ahad dan Qulyaa ayyuhal kaafiruun… – Hadis riwayat Imam Muslim dalam Shahihnya, Kitab al-Hajj, no: 1218.

3. Bacaan setelah solat tawaf

 اَللَّهُمَّ هَذَا بَالَدُكَ الْحَرَامُ وَالْمَسْجِدُالْحَرَامُ وَبَيْتُكَ

Artinya : Ya Allah, Kota ini adalah Tanah HaramMu, Masjidil Haram dan RumahMu

baca juga : 4 Macam Tawaf Yang Mesti Banget Anda Tau !

Demikianlah artikel mengenai shalat sunnah tawaf yang bisa kami sajikan untuk Anda. Semoga menjadi ladang amal untuk kita semua. Bagikan artikel ini jika Anda suka dan merasa artikel ini menjadi lebih bermanfaat untuk masyarakat luas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here