SHARE

Sebelum memulai artikel ini, ijinkanlah kami menjelaskan apa yang akan kami tuliskan atau lebih tepatnya “rangkum”kan di kesempatan kali ini. Tulisan ini diperuntukan untuk menjadi pengetahuan bagi kita tentang apa-apa saja hal yang perlu kita pahami seputar umroh dan haji.

Untuk lebih jelasnya nanti sahabat bisa langsung konsultasi kepada pemandu umroh Anda. Awal mula artikel ini berawal dari sebuah pertanyaan dalam benak admin penulis “apakah pakaian ihram boleh diberi wewangian?”. Selanjutnya kami mencari dari berbagai sumber yang relevan dan kami temukan di blog https://konsultasisyariah.com dengan jawaban seperti ini.

Seseorang bertanya kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, sedangkan dia memakai jubah yang dipenuhi dengan wangi-wangian, lalu dia berkata, “Aku berihram untuk umrah, sedang aku memakai pakaian seperti yang engkau lihat.”

فَقَالَ: اِنْزَعْ عَنْكَ الْجُبَةَ، وَاغْسِلْ عَنْكَ الصُّفْرَةَ

Maka, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Hendaklah kamu melepas jubahmu, dan wangi-wangian itu hendaklah kamu cuci.” (HR. a-Bukhari dan Muslim).

وَاصْنَعْ فِيْ عُمْرَتِكَ مَا تَصْنَعُ فِيْ حَجَّتِكَ

Pada hadits lain diriwayatkan dengan lafal, “Lakukanlah dalam umrah itu semua hal yang kamu lakukan dalam hajimu.”

Sumber: Fatawa Rasulullah: Anda Bertanya Rasulullah Menjawab, Tahqiq dan Ta’liq oleh Syaikh Qasim ar-Rifa’i, Ibnu Qayyim al-Jauziyah, Pustaka As-Sunnah, Cetakan Ke-1, 2008.
(Dengan penataan bahasa oleh www.konsultasisyariah.com)

baca juga : Mewakilkan Seseorang Haji atau Umroh, Apa Boleh ?

Semoga bermanfaat penjelasan singkat ini kami sadur dari blog tersebut dan Anda boleh share agar lebih menyebar luas lagi kepada banyak orang.

Sekaligus dalam artikel ini kami ucapkan Alhamdulillah untuk pemberangkatan jamaah umroh MazQ Tour, travel umroh, umroh plus, travel haji dan halal tour. Mohon do’a juga agar kami terus istiqamah melayani jamaah umroh dengan sebaik-baiknya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here