SHARE

Assalamualaikum wr wb sahabat. Tentunya sahabat menunggu artikel ini terbit kan ? Ups belum baca artikel sebelumnya wah gawat nih. Ini adalah artikel lanjutan dari sebelumnya, jika sahabat belum baca part 1 silahkan mengunjungi link di bawah ini :
Kemudahan Dalam Ibadah Haji Part 1

Ibadah haji adalah rukun islam yang terakhir diwajibkan atas umat islam.  Karena ibadah haji memerlukan biaya dan kesiapan fisik, maka pembebanan kewajiban ibadah ini diakhirkan dibandingkan dengan syariat yang lain seperti tauhid, sholat, zakat dan puasa. Dalam pelaksanaannya Allah SWT memberikan banyak kemudahan bagi kita. Apa saja kemudahan itu ? Yuk kita lanjutkan bahasan dari part 1 nya.

7. Boleh mendahulukan atau mengakhirkan*

Diperbolehkan bagi kaum Muslimin yang melakukan ibadah haji untuk mendahulukan atau mengakhirkan beberapa rangkaian ibadah haji yang dilakukan pada hari raya Idul Adha. Rangkaian ibadah itu adalah melempar Jumrah Aqabah, menyembelih al-hadyu, thawaf serta sa’i bagi mereka yang memiliki tanggungan sa’i.

Karena Nabi SAW ketika ditanya tentang salah satu dari empat jenis ibadah ini yang telah didahulukan dan yang diakhirkan oleh seseorang, Beliau Shallallahu ‘aliahi wa sallamBeliau n selalu menjawab:

افْعَلْ وَلاَ حَرَجَ

Lakukan dan tidak ada dosa atas kalian [HR. Al-Bukhâri, no. 1737 dan Muslim, no. 1306]

8. Boleh tidak bermalam di Musdaliffah karena sakit

Allâh Azza wa Jalla menggugurkan kewajiban bermalam di Muzdalifah dan kewajiban bermalam di Mina pada malam-malam hari Tasyriq dari para pelayan jamaah haji juga digugurkan dari orang-orang yang sakit yang tidak mampu untuk bermalam, dan mengharuskan mereka untuk bermalam diluar Muzdalifah dan Mina.

Termasuk juga, Allâh Azza wa Jalla menggugurkan kewajiban bermalam di Muzdalifah dari orang-orang yang terlewatkan malam itu, karena keberadaannya di Muzdalifah sangat singkat, misalnya karena mereka baru tiba di Muzdalifah setelah fajar terbit.

9. Lempar jumrah boleh diwakilkan

Anak-anak, orang yang sudah tua, para wanita dan orang-orang yang sedang sakit dibolehkan mewakilkan pelaksanaan ibadah lempar Jumrah kepada orang lain, apabila mereka tidak mampu untuk melaksankannya. Dalam kondisi seperti ini, mereka boleh mewakilkannya, berdasarkan hadits Jâbir RA :

Kami bertalbiyah mewakili  anak-anak dan melemparkan Jumrah umtuk mereka.

10. Boleh mengakhirkan atau menunda lempar jumrah

Diperbolehkan mengakhirkan pelaksanaan seluruh lempar Jumrah atau menunda sebagiannya lalu dilakukan seluruhnya pada hari terakhir hari-hari Tasyriq dengan tetap menjaga urutan lemparan untuk hari pertama kemudian hari berikutnya dan seterusnya.

Karena Nabi SAW memberikan keringanan bagi para pelayan haji untuk melakukan itu dan juga berdasarkan qiyas (analogi) pada bolehnya menjama’ dua shalat pada salah satu waktu dari dua waktu shalat tersebut. Hanya saja, melempar jumrah tidak boleh dilakukan dengan cara jama’ taqdîm.

Artinya, seseorang tidak diperbolehkan mengumpulkan pada hari pertama pelaksanaan ibadah lempar Jumrah yang tiga hari. Yang diperbolehkan adalah mengumpulkan pelaksanaan ibadah lempar Jumrah yang tiga hari padahari terakhir atau dilaksanakan pada hari ketiga. Yang diperbolehkan hanya jama’ ta’khîr.

11. Kewajiban thawaf wada’ gugur dari wanita yang haidh dan yang nifas

12. Waktu yang panjang untuk Wuquf

Ibadah wuquf di Arafah merupakan rukun haji yang paling agung. Barangsiapa tidak mendapatkannya berarti hajinya tidak sah. Oleh karena itu, Allâh Azza wa Jalla memberikan keluasan waktu dalam pelaksanaannya yaitu mulai dari tergelincirnya matahari pada hari kesembilan menurut pendapat yang shahih, sampai terbitnya fajar pada malam kesepuluh.

Inilah beberapa kemudahan yang Allâh Azza wa Jalla berikan kepada para hamba-Nya dalam melaksanakan ibadah haji. Itulah akhir dari artikel ini, semoga Allâh Azza wa Jalla memberikan kemampuan dan taufiq kepada kita semua untuk bisa melaksanakan ibadah haji sesuai tuntunan Rasulullah.

” Allah memampukan orang-orang yang terpanggil ”
Travel haji, umroh, umroh plus dan wisata halal
MazQ Tour – CS : 022-723 3307, WhatsApp : 08112033382.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here