SHARE

Mari kita mulai artikel ini dengan video pendek di bawah ini :

.

.

.

.

.

.

Jika Anda melihat video diatas mungkin tersirat di hati Anda “kapan aku bisa kesana ya”. Wajar jika demikian karena penulis saat publish artikel ini juga hampir meneteskan air mata rindu untuk ke baitullah.

Rindu ke baitullah ini pun dijelaskan oleh Direktur Pusat Studi Al-Qur’an, Quraish Shihab menyebutkan ada dua hal yang menyebabkan orang Islam rindu untuk berkunjung ke tanah suci (Makkah).

Pertama, karena Do’a Nabi Ibrahim.

Saat setelah Ka’bah dibangun Nabi Ibrahim, di sekitar ka’bah masih sepi dan tidak air sampai kemudian ditemukan sumur zam-zam. Dalam Alquran surat Ibrahim ayat 37 Beliau berdoa,

رَبَّنَا إِنِّي أَسْكَنْتُ مِنْ ذُرِّيَّتِي بِوَادٍ غَيْرِ ذِي زَرْعٍ عِنْدَ بَيْتِكَ الْمُحَرَّمِ رَبَّنَا لِيُقِيمُوا الصَّلَاةَ فَاجْعَلْ أَفْئِدَةً مِنَ النَّاسِ تَهْوِي إِلَيْهِمْ وَارْزُقْهُمْ مِنَ الثَّمَرَاتِ لَعَلَّهُمْ يَشْكُرُونَ

Artinya, “Ya Rabb kami, sesungguhnya aku telah menempatkan sebahagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanam-tanaman di dekat rumah Engkau (Baitullah) yang dihormati, ya Rabb kami (yang demikian itu) agar mereka mendirikan salat, maka jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan beri rezkilah mereka dari buah-buahan, mudah-mudahan mereka bersyukur” (QS. Ibrahim: 37).

Doa ini makbul (dikabulkan),” kata Quraish dalam sebuah video yang diunggah akun Najwa Shihab di Youtube.

Pendapat pendukung datang dari Syaikh Abdurrahman As-Sa’di rahimahullah tentang ayat ini, berkata, “Allah mewajibkan haji ke Baitullah di mana Allah menempatkan anak keturunan nabi Ibrahim dan Allah menjadikannya suatu rahasia mengagumkan yang memikat di hati.

Yaitu orang berhaji (ke Kakbah) dan tidak ditunaikan terus menerus, namun setiap kali seorang hamba pergi bolak-balik ke kakbah maka semakin bertambah kerinduannya, semakin besar kecintaannya dan kerinduannya“ (Taisir karimir rahman : 427)

Dapat disimpulkan dari 2 pendapat diatas, tak heran jika umat muslim yang belum pernah ke tanah suci baik itu haji atau umrah ingin sekali datang. Dan untuk umat muslim yang pernah haji atau umrah ingin kembali lagi.

baca juga : 5 Cara Unik Bersedekah di Tanah Suci

Kedua, ada Ka’bah.
Alasan kedua orang berbondong-bondong berkunjung ke Mekkah adalah karena di sana ada baitullah atau rumah Allah Ka’bah. Logika nya “jika seseorang mencintai orang lain, maka ia akan mengunjungi rumahnya“. Namun demikian, imbuhnya, seseorang yang berkunjung ke rumah kekasih belum tentu bertemu dengan sang kekasih.
“Ada orang yang pergi haji, tanya dapat rumah-Nya aja, tidak pernah bertemu dengan Allah,” terang penulis buku Tafsir Al-Misbah ini. Quraish mengatakan, seseorang yang tidak mampu untuk berkunjung ke baitullah atau rumah Allah, maka orang tersebut bisa mengundang Allah untuk datang ke hatinya.
‘Kerinduan itu karena merasakan bahwa di sini ada kekasih,” jelasnya. “Walaupun Allah ada di mana-mana, tapi Dia jadikan meeting point (tempat pertemuan) di sana. Jadi orang rindu ke sana,” tambahnya.
Apakah Anda salah satu yang sangat rindu untuk ke Baitullah ? Bersama kami sampaikan rindu Anda ke mekkah dan madinah plus masjidil Aqsha dengan program Umroh plus Aqsha yang diselenggarakan MazQ Tour 13 – 25 Maret 2019.
Dengan Akomodasi : Grand Mercure, Madinah ; Pullman Zamzam, Mekkah; ST. George, Yerusalem; Cham Palace, Amman
Pesawat: Saudi Airline
♦️ Start from @ 3.295 $
Segera daftarkan anda dan keluarga..
Kantor pusat Masqtour : Jl. WR Supratman no.102 Bandung. .
Hotline: 08112275767

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here