SHARE

Assalamualaikum sahabat. Turki tak lepas dari kejayaan Islamnya. Ini terbukti dari banyaknya peninggalan bernuansa Islam yang sangat kental salah satunya adalah Masjid Rüstem Pasha. Letaknya tak jauh dari Istanbul kota yaitu di Hasircilar Carsisi (Pasar Strawmat Weavers) di Eminönü.

Masjid dibentuk oleh Mimar Sinan (“Sinan yang Arkitek”) untuk Grand Vizier Rüstem Pasha (yang menikahi salah seorang anak perempuan Suleiman the Magnificent, Putri Mihrimah). Pembuatannya mengambil waktu dari tahun 1561 sampai 1563 (wikipedia).

baca juga : Alquran Terbesar ada di Indonesia, Museum Alquran Al Akbar

Masjid ini adalah salah satu contoh dari bangunan bergaya ottoman yang diarsiteki oleh mimar sinan, yaitu arsitek yang mendesain blue mosque di kota yang sama. Meski ukurannya tak terlalu besar, interior di dalam bangunannya di hiasi oleh keramik terindah yang pernah dibuat.

Mesjid ini terkenal dengan lantai Iznik canggihnya, dibentuk dengan pahatan bentuk berbunga dan geometri, yang meliputi bukan hanya muka hadapan anjung tetapi juga mihrab, minbar, dinding dan tiang. Iznik sendiri adalah sebuah kawasan di Turki dimana banyak sekali menghasilkan keramik-keramik terbaik, baik dari faktor keindahannya maupun kualitasnya.

Pada masa lampau, meski rustem pasha (namanya dijadikan nama mesjid indah ini) merupakan salah satu orang terkaya di dinasti ottoman, di puncak kejayaan dan kekuasaannya ia tidak di perbolehkan membangun masjid berukuran besar yang bisa menyaingi kemegahan masjid-masjid yang didirikan oleh sultan.

Mau lihat langsung keindahan Masjid Rustem Pasha ini dengan Umroh plus Turki ? Atau Wisata halal Turki ? Yuk lihat info pendaftaran dan chat CS kami mumpung ada PROMO khusus untuk pembaca artikel ini. Nomer khusus Customer Service yang bisa Anda hubungi : 022-723 3307, WA 08112033382.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here