SHARE

Assalamualaikum wr wb. Salam sejahtera untuk kita semua, khususnya bagi Anda pembaca semoga diberikan selalu keberkahan rejeki agar senantiasa bisa beribadah kepada Allah SWT sebagai kewajiban utama kita.

Tak lupa shalawat serta salam oleh kami Mazq Tour sebagai penyedia paket umroh di bandung dan sahabat pembaca juga sama-sama haturkan kepada junjunan alam, Rasulullah SAW.

Jejak islam di indonesia mungkin sudah tak asing lagi kita jumpai di sekitar kita. Baik itu berupa etika-etika dasar bermasyarakat maupun berupa materi seperti masjid.

Nah kali ini kami akan memberikan informasi kepada sahabat nih tentang keunikan masjid yang di Indonesia cuma ada satu, Masjid menara Kudus.

Dari namanya saja pasti sudah bisa menebak dimana letak masjid ini. Betul sekali, masjid ini terletak di Kudus Jawa Tengah. Sekali-kali boleh dong cek paket tour wisata domestik, siapa tau tempat satu ini bisa menjadi tujuan wisata sahabat ūüôā

Terdapat setidaknya 4 keunikan yang penulis temukan di Masjid yang menarik banyak jamaah untuk mengunjungi nya ini, yuk sahabat pembaca kita simak satu per satu keunikannya.

  • 1. Mirip dengan Masjidil Aqsha di Palestina

Coba sahabat perhatikan kubah dari Masjid ini, sangat mirip kan dengan kubah Masjidil Aqsha yang berada di Palestina sana kan ? Memang sengaja dibangun seperti itu pada masa kepemimpinan Sunan Kudus sekitar tahun 1549.

Selain mirip juga ada komponen Masjidil Aqsha yang tertanam di pondasi masjid ini yaitu pada saat peletakan batu pertama, Sunan Kudus mendatangkan batu Baitul Maqdis dari palestina.

Eh bentar, sahabat sudah baca belum artikel kami sebelumnya mengenai masjidil Aqsha belum ? Kalo belum langsung baca ya disini : Masjidil Aqsha, Kiblat Pertama Shalat Umat Islam

  • 2. Memadukan arsitektur Hindu-Budha

Sebelum islam datang ke Indonesia, mayoritas masyarakat masih menganut agama Hindu-Budha. Bukan tanpa alasan kenapa masjid dengan nama lain Masjid Al Manar ini dibangun dengan arsitek seperti candi ini.

Karena alasan dakwah Sunan Kudus yang tidak kaku dan memanfaatkan unsur budaya Hindu-Budha dalam mengajarkan agama Islam jadi membuat masyarakat tertarik memeluk agama Islam.

  • 3. Pure/pura yang beralih fungsi

Seperti yang dijelaskan di point no 2 diatas bahwa budaya Hindu kental terasa di masjid ini.

Salah satu nya adalah keberadaan pure seperti yang tampak dalam gambar di samping ini.

Selain menjadi ikon kota kudus, pure di area masjid ini di hari-hari biasa dimanfaatkan Sunan untuk melakukan adzan.

Sedangkan saat bulan ramadhan tiba, menara masjid yang sekilas tmpak seoerti pure ini difungsukan sebagai tempat memukul bedug.

 

  • 4. Makam Sunan Kudus di Belakang Masjid

Masjid menara Kudus ini ramai dikunjungi para wisatawan mungkin sahabat salah satu calon pengunjungnya nih, daripada bosan cek paket tour luar negeri murah mending ke masjid ini saja, udah deket sekalian bisa hemat :p

Selain karena ingin melihat keunikannya juga ingin melakukan ziarah di makam Syekh Ja’far Sodikh. Yap Syekh Ja’far Sodikh adalah nama lengkap dari Sunan Kudus.

Beliau wafat dan dimakamkan di belakang masjid. Di temoat ini juga dimakamkan para murid-murid beliau, para pangeran serta kerabat lainnya. Anda ingin mengunjunginya juga ? Yuk segera cek paket wisata domestik ke masjid ini.

Kami Mazq Tour tak bosan-bosan memberikan sahabat penawaran paket travel. Seperti promo umroh berupa paket umroh hemat, promo umroh plus, promo haji dan umroh, serta paket wisata islami ke segala penjuru dunia.

Untuk program umroh kami ada jadwalnya. info keberangkatan umroh dan paket tour murah luar negeri terbaru bisa sahabat langsung cek di website utama kami Mazq Tour dan untuk customer service di nomor : 022-723 3307, 723 3308.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here