SHARE

Setiap dari kita umat muslim terlebih khusus jamaah haji, mengenal dengan baik batu hitam (Hajar Aswad) yang terletak di sudut Yamani, Ka’bah. Beberap di antaranya, bahkan pernah mencium Hajar Aswad tersebut. Batu yang memiliki nilai sejarah dalam perkembangan Islam, sejak zaman Nabi Ibrahim AS hingga masa Rasulullah SAW.

Dari segi bahasa jika kita terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, Hajar Aswad sendiri mempunyai arti batu hitam. Letak batu ini adalah di sudut timur ka’bah. Seperti yang kami jelaskan dalam gambar di artikel sebelumnya berjudul “Apa Itu Maqam Ibrahim, Benarkah Kuburan Nabi Ibrahim عليه السلام ?” bahwa di kabah ada 4 sudut salah satu sudut kabah ada sudut hajar aswad selain itu ada sudut/rukun yamani, rukun suriah dan rukun irak.

Kita dianjurkan untuk meyakini bahwa batu ini dari surga, seperti yang telah disampaikan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam :

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « نَزَلَ الْحَجَرُ الأَسْوَدُ مِنَ الْجَنَّةِ وَهُوَ أَشَدُّ بَيَاضًا مِنَ اللَّبَنِ فَسَوَّدَتْهُ خَطَايَا بَنِى آدَمَ »

Dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Hajar aswad turun dari surga padahal batu tersebut begitu putih lebih putih daripada susu. Dosa manusialah yang membuat batu tersebut menjadi hitam”.

Mungkin sampai disini saja artikel kami saat ini, ke depannya Insya Allah akan kami tambahkan artikel mengenai :

  • Tuntunan mencium Hajar Aswad
  • Hajar Aswad pemersatu bangsa Arab yang hampir pecah
  • dan hal lainnya mengenai Batu Mulia ini

Mari kita terus berdoa agar dimudahkan melaksanakan ibadah umroh dan haji agar bisa melihat langsung Hajar Aswad ini. Tentunya bersama kami ibadah Anda akan terlayani, kami memberikan banyak paket umroh murah dan umroh plus setiap bulannya, jangan kelewatan infonya cek di :

line telpon 022-723 3307, WA 08112033382
📍 Jl. W.R. Supratman No.102, Bandung
✉️ info@mazqtour.co.id
🔗 http://mazqtour.co.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here