SHARE

Sebagai Panutan umat, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam pun melakukan apa yang itu dinamakan Bercanda. Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam sering mengajak istri dan para sahabatnya bercanda dan bersenda gurau untuk mengambil hati serta membuat mereka gembira.

Salah satunya adalah momen yang diabadikan oleh Hadis Bukhari berikut ini. Suatu ketika, Rasulullah saw dan para sahabat ra sedang ifthor. Setiap kali mereka makan sebuah kurma, biji- biji sisanya mereka sisihkan di tempatnya masing- masing.

baca juga : Ketika Abu Bakar dan Umar bin Khattab Berselisih

Beberapa saat kemudian, Ali menyadari bahwa dia memakan terlalu banyak kurma. Biji- biji kurma sisa mereka menumpuk lebih banyak di sisi Ali dibandingkan di sisi Rasulullah. Maka Ali pun secara diam- diam memindahkan biji-biji kurma tersebut ke sisi Rasulullah.

Kemudian Ali ra dengan tersipu-sipu mengatakan, “Wahai Nabi, engkau memakan kurma lebih banyak daripada aku. Lihatlah biji-biji kurma yang menumpuk di tempatmu.” Nabi pun tersenyum dan menjawab, “Ali, kamulah yang memakan lebih banyak kurma. Aku memakan kurma dan masih menyisakan biji-bijinya. Sedangkan engkau, memakan kurma berikut biji-bijinya”. (HR. Bukhari).

Inilah kisah yang bisa kami sebagai travel umroh, haji dan wisata halal sajikan dalam artikel ini. Semoga sahabat terhibur.

Kunjungi pula media sosial kami untuk follow dan like
Instagram : MazQ Tour
Facebook : MazQ Tour

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here