SHARE

Assalamualaikum sahabat, artikel ini bermula saat ada yang mengganjal di pikiran admin “boleh ga ya bernaung dengan payung saat ihram, kan ada larangan dari Nabi sallallahu alaihi wa sallam saat seseorang dalam keadaan ihram (khusunya bagi lelaki) tidak boleh menutupi kepala”. hmm yuk kita bahas.

Admin terus mencari jawaban dan diskusi dengan beberapa ustadz dan akhirnya jawabannya juga mirip dengan ulasan yang disajikan oleh islamwa.info dalam forum diskusi nya. Berikut penjelasannya.

Pertanyaan :
Apa hukum mempergunakan payung bari orang ihram?

Jawaban :
Membawa payung di atas kepala untuk melindung panasnya matahari tidak mengapa. Hal ini tidak termasuk larangan Nabi sallallahu alaihi wa sallam menutupi kepala –kepala lelaki—karena ini tidak termasuk menutupi.

baca juga : Tata Cara Melempar Jumrah, Salah Satu Rukun Haji Yang Penting Dipelajari

Ia Cuma melindungi dari matahari dan panas. Telah ada ketetapan dalam hadits shoheh Muslim bahwa Nabi sallallahu alaihi wa sallam  biasa bersamanya Usamah bin Zaid dan Bilal. Salah satunya memegang tali pelana unta Nabi sallallahu alaihi wa sallam dan lainnya mengangkat pakaiannya menutupi dari panas. Sampai melempar jumrah Aqabah.

Dalam redaksi lain ”Yang lainnya mengangkat bajunya di atas kepala Rasulullah sallallahu alaihi wa sallam dari (panasnya) matahari.” Ini dalil bahwa Nabi sallallahu alaihi wa sallam bernaung dengan pakaian ini sementara beliau dalam kondisi ihram sebelum tahalul.” Selesai

Majmu Fatawa Ibnu Utsaimi, (22/147, 148).

Semoga bermanfaat 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here