SHARE

Utsman bin Affan radhiallahu ‘anhu adalah sosok yang tak habis untuk diceritakan dan dikagumi. Khalifah ketiga yang merupakan salah seorang yang paling pertama menerima Islam beriman kepada Nabi ﷺ dalam masa pemerintahannya tentu tidak bisa diringkas dalam beberapa paragraf saja.

Banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari kisah beliau. Islam tersebar ke Barat hingga wilayah Maroko, ke Timur hingga ke Afghanistan, dan ke Utara hingga sampai Armenia dan Azerbaijan adalah salah satu bukti kesuksesan di masa kekhalifahan Dzun Nurain.

baca juga : Islam di Spanyol, Dari Andalusia jadi Kota Madrid

Di awal pemerintahannya beliau langsung memberikan kontribusi di dunia Islam menikmati perdamaian internal, ketenangan, dan kemakmuran ekonomi. Kontribusi paling menonjol di masa kekhalifahan Utsman adalah penyeragaman bacaan Alquran.

Banyaknya populasi muslim tersebar di wilayah yang luas, banyak orang dari budaya lain di negeri nan jauh yang masuk Islam, kebutuhan untuk menyeragamkan bacaan Alquran pun tak bisa ditawar. Alquran dibaca dengan dialek dan bahasa yang sama. Saat itu, hanya tersisa satu salinan Alquran yang dibukukan di masa kekhalifahan Abu Bakar.

Prestasi besar lainnya adalah Utsman membuat angkatan laut muslim pertama. Ekspedisi militer muslim di laut berlayar untuk pertama kalinya di bawah kekhalifahan Utsman. Pasukan tersebut dipimpin oleh Muawiyah bin Abi Sufyan radhiallahu ‘anhu.

Demikianlah sedikit paragraf tentang pemerintahan jaman khalifah ketiga Utsman bin Affan. Semoga kita bisa mengambil pelajaran dari beliau. Info ini bertujuan untuk menambah wawasan Anda mengenai islam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here