SHARE

Dam kita sudah kenal di artikel yang lampau sebagai denda jika melanggar/meninggalkan wajib haji atau umroh. Ditilik dari segi arti bahasa, dam berarti mengalirkan darah dengan menyembelih binatang kurban yang dilakukan pada saat ibadah haji.

mau tau lebih tentang dam ? baca artikel sebelumnya : Yuk mari mengenal Dam, denda jika melanggar/meninggalkan wajib haji

Lantas kapan sih dam itu dibayar ?

Untuk dam haji, waktu yang dianjurkan untuk pembayaran dam atau menyembelih hewan untuk membayar dam, yaitu pada tanggal 10 Dzulhijjah. Pembayaran dam dilakukan di kota Mekkah, bukan di madinah ataupun di tanah air.

Sebagai tambahan untuk lebih menyempurnakan ibadah kita ke tanah suci sebaiknya apabila akan melakukan dam, maka hendaknya mencari penjual hewan sembelihan yang dapat dipercaya atau meminta pertolonga orang yang sudah berpengalaman, demi menjaga diri dari penipuan.

Karena apabila seseorang yang sedang menjalankan ibadah haji dan melakukan suatu pelanggaran yang dilarang dan tidak melakukan pembayaran dam. Maka haji yang dilakukan akan sia – sia atau tidak sah, bahkan harus mengulang pada waktu yang lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here