SHARE

Assalamualaikum sahabat Mazq Tour yang semoga dalam limpahan rahmat Allah SWT. Salah satu tempat utama antara rukun yamani dan hajar aswad adalah tempat yang disunnahkan kita untuk membaca doa dalam thawaf baik itu haji ataupun umroh.

Dalam thawaf kita melewati 4 sudut atau biasa disebut rukun yaitu Rukun Yamani, Rukun Iraqi, Rukun Aswad (Hajar Aswad) dan Rukun Syami. Namun khusus saat di Rukun Yamani disunnahkan untuk mengusap dengan tangan kanan atau cukup dengan menyalami dan melambaikan tangan ke arah ke sudut ini dengan mengucap “Bismillahi Allahu Akbar”.

Menurut riwayat dari Ibnu Abbas RA, Nabi Muhammad SAW hanya menyalami Hajar Aswad dan Rukun Yamani saja, sementara Ibnu Umar RA mendengar Rasulullah SAW bersabda : “Sesungguhnya mengusap keduanya, yakni Hajar Aswad dan Rukun Yamani dapat menghapus dosa-dosa.”

Menurut kitab ihyaa Ulumuddin di tempat tersebut bacaan yang kita harus baca untuk menunaikan sunnah adalah sebagai berikut :
رَبَّنَا آَتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

“Robbana aatina fid dunya hasanah, wa fil aakhiroti hasanah wa qina ‘adzaban naar” (Ya Rabb kami, karuniakanlah pada kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat serta selamatkanlah kami dari siksa neraka). (QS. Al Baqarah: 201)

baca juga : 8 Adab Mencium Hajar Aswad

Dalam riwayat diceritakan bahwa Rasulullah SAW setiap melewati sudut Yamani dan Hajar Aswad terlihat malaikat yang senantiasa mengucapkan “Amin” sebagai jawaban dari doa beliau. Maka dari itu kita dianjurkan menunaikan sunnah tersebut demi kebaikan dan kesempurnaan haji atau umroh kita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here