SHARE

Assalamualaikum sahabat. Seperti yang kita tahu bersama, ibadah haji atau umroh memiliki tatacara tersendiri bagi yang ingin melaksanakannya dan tidak ada yang sebaik selain mencontoh yang dilakukan oleh Nabi kita, Nabi Muhammad SAW.

Banyak perkara di dalamnya baik itu yang wajib maupun yang sunnah. Di artikel ini kami coba bahas satu sunnah yang sudah tertuang dalam hadist yaitu tentang mandi yang di sunnahkan saat melaksanakan ibadah haji atau umroh. Mandi sunnah itu antara lain :

Mandi untuk ihram ‘umrah atau haji
Berdasarkan hadits Zaid bin Tsabit Radhiyallahu anhu, “Dia melihat Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam melepas pakaian berjahit dan mengenakan pakaian ihram) serta mandi untuk ihram.” Hadis ini Hasan: [Irwaa’ al-Ghaliil (no. 149)] dan Sunan at-Tirmidzi (II/163 no. 831).

Mandi ketika memasuki kota Makkah
Dari Ibnu ‘Umar Radhiyallahu anhuma, bahwa dia tidak mendatangi Makkah kecuali bermalam di Dzu Thuwa hingga datang pagi dan dia pun mandi. Kemudian dia memasuki Makkah pada siang hari. Dia menyebutkan bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah melakukannya. Hadist ini Muttafaq ‘alaihi: [Shahiih Muslim (II/919 no. 1259 (227))], ini adalah lafazh darinya, Shahiih al-Bukhari

baca juga : Ketika Ihram, Bolehkah Bernaung dengan Payung ?

Itulah beberapa mandi yang di sunnahkan saat Ibadah haji atau umroh. Sebagai catatan untuk sahabat yang ingin berangkat umroh atau sudah mendaftar agar tidak meninggalkan sunnah ini.
Wallahu’alam bishawab

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here