SHARE

Berbicara wisata halal, mungkin yang terbayang di pikiran Anda ke negara-negara Arab atau negara luar yang mempunyai sejarah islam yang kental. Namun jangan salah di Indonesia ada juga wisata halal malah masuk jajaran destinasi favorit di dunia.

Lombok adalah yang kami maksud, wisata halal yang terletak di Nusa Tenggara Barat ini merupakan tujuan wisata halal yang sedang berkembang dan menjadi incaran para turis asing.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan kalau turis di Lombok meningkat hingga 50% pada 2017 setelah diklaim sebagai destinasi halal Indonesia. Ya, Lombok pernah memenangkan dua penghargaan World Halal Travel Awards (WHTA) 2015 dalam kategori World Best Halal Tourism Destination dan World Best Halal Honeymoon Destination.

baca juga : Masjidil Aqsha juga ada di Indonesia Lho !

Setelah mendapatkan penghargaan itu, turis lokal maupun internasional yang datang ke Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), meningkat dari tahun ke tahun. Bahkan berdasarkan data terakhir di 2017, Lombok mengalami kenaikan jumlah wisatawan sebesar 50% dari tahun sebelumnya.

Lombok juga menjadi daerah pertama sekaligus satu-satunya di Indonesia yang memiliki Peraturan Daerah (Perda) mengenai pariwisata halal. Hal ini dirumuskan oleh DPRD NTB untuk menguatkan branding pariwisata halal yang kini melekat pada provinsi tersebut.

Dalam Perda No. 2 Tahun 2016 tentang pariwisata halal, tertulis bahwa ruang lingkup pengaturan Pariwisata Halal dalam Peraturan Daerah ini meliputi destinasi, pemasaran dan promosi, industri, kelembagaan, pembinaan, pengawasan dan pembiayaan.

Pengelola destinasi wisata halal harus membangun fasilitas umum untuk mendukung kenyamanan aktivitas kepariwisataan halal, seperti tempat dan perlengkapan ibadah wisatawan Muslim, serta fasilitas bersuci yang memenuhi standar syariah.

Kami Mazq Tour atau sering dalam google orang salah ketik masq tour juga menyediakan wisata halal selain paket umroh plus Aqsha yang akan kami adakan 13-25 Maret 2019. Segera daftarkan diri Anda beserta keluarga untuk umroh plus ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here