SHARE

Badal haji atau dalam istilah fiqih sering disebut al-hajju ‘anil ghair, yaitu berhaji untuk orang lain. Banyak keterangan hadist yang menjelaskan tentang badal haji ini, diantaranya :

  • Dari Ibnu Abbas dari al-Fadl: “Seorang perempuan dari kabilah Khats’am bertanya kepada Rasulullah: “Wahai Rasulullah, ayahku telah wajib haji, tapi dia sudah tua renta dan tidak mampu lagi duduk di atas kendaraan?”. Jawab Rasulullah: “Kalau begitu lakukanlah haji untuk dia!” (HR. Bukhari, Muslim, dan lain-lain).
  • Dari Ibnu Abbas ra: “Seorang perempuan dari Bani Juhainah datang kepada Nabi SAW., dia bertanya: “Wahai Nabi SAW., Ibuku pernah bernazar ingin melaksanakan ibadah haji hingga beliau meninggal, padahal dia belum melaksanakan ibadah haji tersebut, apakah aku bisa menghajikannya? Rasulullah menjawab: Ya, hajikanlah untuknya, kalau ibumu punya hutang kamu juga wajib membayarnya bukan? Bayarlah hutang Allah, karena hak Allah lebih berhak untuk dipenuhi” (HR. Bukhari dan Nasa’i).
  • Dari Ibnu Abbas, pada saat melaksanakan haji, Rasulullah SAW. mendengar seorang lelaki berkata: “Labbaika ‘an Syubrumah” (Labbaik/aku memenuhi pangilan- Mu ya Allah, untuk Syubrumah). Lalu Rasulullah bertanya: “Siapa Syubrumah?”. “Dia saudaraku atau kerabatku, wahai Rasulullah”, jawab lelaki itu. “Apakah kamu sudah pernah haji?” Rasulullah bertanya”. “Belum” jawabnya. “Berhajilah untuk dirimu, lalu berhajilah untuk Syubrumah”, lanjut Rasulullah. (HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah).

baca juga : Mewakilkan Haji untuk Seseorang Apa Boleh ??

Lantas apa saja hal yang perlu dijadikan catatan tebal Anda untuk badal haji ? Berikut ulasannya :

  1. Yang Menghajikan harus sudah haji
  2. Niat untuk badal haji harus untuk orang yang dibadali sebagaimana niat “Labbaika ‘an Syubrumah”.
  3. Diniatkan untuk membayar utang bukan menggantikan amal.
  4. Seseorang hanya dapat membadali untuk satu orang, karena ihram itu untuk sekali haji dan menyebut nama satu orang.
  5. Pelaksanaan badal oleh naib (anak atau saudara) harus sukarela bukan terpaksa.
  6. Biaya badal haji dari kekayaan orang yang membadali, kecuali anak atau saudara sukarela membiayai.

Demikianlah artikel tentang badal haji dari kami, travel umroh Mazq Tour. Semoga bermanfaat dan menjadi keberkahan ilmu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here