SHARE

Sahabat, artikel menarik lagi nih yang kami rangkum dari berbagai sumber mengenai pakaian ihram sebagai salah satu perlengkapan umroh. Mengenakan pakaian ihram merupakan tanda ibadah Haji atau Umroh dimulai. Setelah niat umroh diucapkan dan pada waktu ini talbiyah sebagai diucapkan dengan lafadz :

لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ لَبَّيْكَ، لَبَّيْكَ لاَ شَرِيْكَ لَكَ لَبَّيْكَ
إِنَّ الْحَمْدَ وَالنِّعْمَةَ لَكَ وَالْمُلْكَ لاَ شَرِيْكَ لَكَ
Labbaikallahumma Labbaik
Labbaika Laa Syarikalaka Labbaik
Innalhamda Wan Ni’mata
Laka Wal Mulk
Laa Syarikalak

Artinya : Aku memenuhi panggilanMu ya Allah aku memenuhi panggilanMu. Aku memenuhi panggilanMu tiada sekutu bagiMu aku memenuhi panggilanMu. Sesungguhnya pujian dan ni’mat adalah milikMu begitu juga kerajaan tiada sekutu bagiMu

Pakaian Ihram adalah pakaian wajib pertanda jamaah hendak melaksanakan ibadah haji maupun umroh. Berwarna putih juga disebut pakaian suci, tidak boleh dijahit dan dipakai dengan cara dililitkan ke sekeliling tubuh (bagi jamaah pria).

baca juga : Ciri-ciri Biro Travel Umroh Yang Bisa Kita Percayai

Mungkin beberapa dari kita masih menganggap memakai pakaian ihram ini mudah, eits tunggu dulu harus benar ya memakai nya agar ibadah yang kita kerjakan sah. Bagaimana cara memakai kain ihram untuk pria dan wanita ? Yuk kita bahas.

Kain Ihram Untuk Pria
Sebelum memakai kain ihram dusunahkan untuk mandi dan berwudhu terlebih dahulu. Dibutuhkan 2 potong kain ihram yang tidak berjahit. Satu potong digunakan untuk bagian bawah sperti sarung dan satu potong lagi dijadikan selendang untuk menutupi tubuh bagian atas.

Jemaah laki-laki tidak diperkenankan memakai celana, pakaian dalam, baju, penutup kepala, serta alas kaki yang menutupi mata kaki. Bagian bawah kain ihram harus lebih tebal dan panjang dari bagian atasnya. Jika kain terlalu panjang di bagian atas, kita akan kesulitan ketika salat.

Kain Ihram Untuk Wanita
Sebelum mengenakan ihram, disunahkan untuk mandi dan berwudhu. Berniat memakai ihram untuk ibadah haji/umrah lalu memakai ihram. Kain ihram atau pakaian ihram untuk wanita adalah mukena. Cara memakai kain ihram bagi wanita sangatlah mudah. Seperti halnya memakai mukena untuk sholat yang menutupi seluruh auratnya kecuali wajah dan telapak tangan.

Tentunya tutorial memakai pakaian ihram ini akan lebih lengkap Anda dapatkan dalam manasik haji dan umrah. Bersama kami manasik akan kami adakan dan laksanakan sebaik mungkin untuk Anda calon jemaah agar paham tata cara ibadah umroh dari awal sampai akhir.

Segera daftarkan Anda beserta keluarga untuk umroh atau umroh plus bersama kami, travel umroh terpecaya MazQ Tour.
Hotline : 022-723 3307, WA 08112033382
📍 Jl. W.R. Supratman No.102, Bandung – Indonesia
✉️ info@mazqtour.co.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here