SHARE

Assalamualaikum sahabat. Ada wacana bagus untuk artikel kita kali ini yaitu tentang seseorang yang hendak umroh atau haji tapi belum ihram ketika telah melewati miqat, bagaimana hukum nya ya ? Yuk kita bahas sekarang !

Sabda Nabi SAW dalam Hadits Sahih Riwayat Nasa’i menyebutkan : Penduduk Madinah ihram dari Dzul-Hulaifah, penduduk Syam (Yordania, Palestina dan sekitarnya) ihram dari Juhfah, penduduk Najd ihram dari Qarnul Manazil, dan penduduk Yaman ihram dari Yalamlam”

Dari keterangan hadist diatas kita bisa menyimpulkan bahwa jika seseorang datang ke Mekkah untuk haji atau umrah, ia wajib ihram dari miqat yang dilewatinya. Berikut adalah tempat ihram yang dijelaskan dari hadist di atas :

  • Jika lewat Madinah ihram Dzulhulaifah
  • Jika lewat Syam, Mesir atau Maroko ihram di Juhfah atau pada tempat yang saat sekarang disebut Rabigh
  • Jika lewat Yaman ia ihram di Yalamlam
  • Jika lewat Najd atau Taif ihram di Qarnul Manazil yang sekarang disebut Al-Syal dan sebagian orang menyebutnya Wadiy Muhrim

Dari tempat-tempat tersebutlah seseorang ihram untuk haji atau umrah atau sekaligus untuk keduanya. Dan yang paling utama jika datangnya pada bulan-bulan haji, maka dia berihram untuk umrah dengan tawaf dan sa’i kemudian bercukur dan tahalul, kemudian dia ihram untuk haji pada waktunya.

sempatkan juga untuk baca : Boleh ga sih umroh berkali-kali ?

Jika seseorang melewati miqat pada selain bulan-bulan haji, seperti pada bulan Ramadhan atau Sya’ban, maka dia ihram untuk umrah saja. Ini adalah yang sesuai dengan syari’at Islam.

Kesimpulan : Orang yang datang ke Mekkah untuk haji atau umrah dan dia belum ihram ketika telah melewati miqat maka dia wajib kembali ke tempat miqat dan ihram untuk haji dan umrah dari miqat tersebut.

[Disalin dari Buku Fatwa-Fatwa Haji dan Umrah oleh Ulama-Ulama Besar Saudi Arabia, Penyusun Muhammad bin Abdul Aziz Al-Musnad, terbitan Pustaka Imam Asy-Syafi’i hal. 77 – 79. Penerjemah H.Asmuni Solihan Zamakhsyari Lc]

dikutip dari https://almanhaj.or.id/1235-melewati-miqat-tanpa-ihram.html dan disalin oleh Mazq Tour – Travel Umroh, Umroh Plus, Haji Khusus dan Wisata Halal.

Semoga bermanfaat
wallahu’alam bishawab

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here