SHARE

Assalamualaikum sahabat Mazq Tour, melempar atau melontar jumrah adalah salah satu rukun haji yang dilaksanakan pada tanggal 11, 12 dan 13 Dzulhijah. Mengenai waktu pelaksanaannya sendiri disebutkan dalam artikel kami yang sebelumnya tentang ” Tata Cara Melempar Jumrah, Salah Satu Rukun Haji Yang Penting Dipelajari “.

Waktu yang dijelaskan adalah pada awal waktu pagi dan sesaat setelah tergelincirnya matahari. Dengan banyaknya jamaah haji, menyebabkan banyak orang yang saling dorong dan berdesak-desakan, lantas bagaimana kita menghindari desak-desakan ini ?

Ada tips yang bagus untuk kami share kepada sahabat sekalian untuk masalah ini. Yaitu untuk menghindari waktu puncak macet dalam melontar jumrah yang biasanya pada waktu Fajar pada tanggal 10 Dzulhijah & waktu tergelincirnya matahari pada hari-hari tasyriq.

Kami sarankan agar melontar di malam hari ketika sudah agak lenggang sehingga melakukannya bisa dengan tenang dan khusyu. Tips ini tidak keluar dari pendapat para ulama, karena saat kepadatan sangat tinggi yang dapat membahayakan diri dan orang lain maka waktu melontar memanjang dari sejak tergelincirnya matahari hingga waktu fajar.

Semoga Allah memberikan kemudahan bagi kita untuk bisa menunaikan ibadah haji, bukan sekedar kemudahan rezeki untuk berangkat tapi juga kemudahan melaksanakan rangkaian prosesi nya agar ibadah haji kita diterima Allah SWT.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here