SHARE

MazQ – Maqam Ibrahim atau dalam tulisan arabnya مقام إبراهيم sering kita dengarkan jika ada cerita yang pulang dari umroh atau ibadah haji. Kita sebagai orang awam tentunya langsung beranggapan bahwa itu adalah kuburan Nabi Ibrahim AS. Eits ternyata bukan, Dalam tata bahasa Arab, Maqam berarti ‘tempat’.

baca juga : 7 larangan saat Umroh, no 3 sering dilanggar

Untuk Maqam Ibrahim sendiri arti sebenarnya adalah tempat dimana Nabi Ibrahim AS berdiri saat membangun kembali Kabah atas perintah Allah SWT. terletak kurang lebui 20 hasta di sebelah timur Ka’bah, tempat ini merupakan bangunan struktur yang mencakup batu lebar kecil.

Di tempat ini terdapat batu kecil yang diturunkan ALLAH SWT dari surga bersamaan dengan Hajar Aswad. Diatas batu ini, Nabi Ibrahim pernah berdiri di waktu ia membangun Ka’bah disamping putranya Nabi Isma’il memberikan bongkah-bongkah batu kepadanya.

Sampai saat ini batu Maqam Ibrahim dipelihara oleh ALLAH SWT dan sekarang sudah ditutupi dengan perak dan dibuat sangkar besi berbentuk sarang burung atas perintah Khalifah Al-Mahdi Al-Abbasi.

Subhanallah, kita sekarang mengerti tentang maqam ibrahim. Jangan lupa juga panjatkan doa setiap hari agar bisa melihatnya langsung kesana dengan umrah atau haji. Salah satu tuntunan doa umroh dari Al-Quran supaya kita dimudahkan untuk menunaikan ibadah tersebut bisa ditemukan pada Surah Al-Baqarah Ayat 128 yang berbunyi.

رَبَّنَا وَاجْعَلْنَا مُسْلِمَيْنِ لَكَ وَمِنْ ذُرِّيَّتِنَا أُمَّةً مُسْلِمَةً لَكَ وَأَرِنَا مَنَاسِكَنَا وَتُبْ عَلَيْنَا ۖ إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ

Artinya : Ya Tuhan kami, jadikanlah kami berdua orang yang tunduk patuh kepada Engkau dan (jadikanlah) diantara anak cucu kami umat yang tunduk patuh kepada Engkau dan tunjukkanlah kepada kami cara-cara dan tempat-tempat ibadat haji kami, dan terimalah taubat kami. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang.

Dan dengan ikhtiar yang kuat semoga kita bisa berangkat melaksanakan ibadah suci ini. Bagi Anda yang cari tahu cara daftar haji bisa kunjungi kami di MazQ Tour. Mulai dari tata cara daftar haji atau umrah, segala persiapan dan perlengkapan umroh dan manasik haji / umroh akan kami siapkan untuk Anda.

Call Center : 022-723 3307, WA 08112033382
📍 Jl. W.R. Supratman No.102, Bandung – Indonesia
✉️ info@mazqtour.co.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here