SHARE

Assalamualaikum sahabat Mazq Tour – travel umroh terpecaya. Dimanapun Anda berada dan dalam keadaan apapun itu semoga ALLAH SWT berikan kita nikmat sehat dan dengannya kita bisa melaksanakan ibadah, amiin.

Sahabat tahukah dengan kata Al-Idh-Tibaa’ ? Yap mungkin istilah itu masih asing di telinga kita, namun bagi yang sudah melaksanakan haji dan umroh pasti sudah tahu maksudnya. Al-Idh-Tibaa’ adalah sunnah dalam haji atau umroh yang dicontohkan Rasulullah SAW dalam thawaf.

Dalam rangkaian thawaf yang merupakan kegiatan mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali. Al-Idh-tibaa’ adalah menjadikan pertengahan kain ihram bagian atas (rida’) di bawah ketiak kanan ketika memulai thawaf.

Kemudian meletakan ujung yang lainnya di pundak kiri, sehingga nampak pundak kanan itu terbuka. Dari Ya’la bin Umayyah, ia berkata,

أَنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- طَافَ مُضْطَبِعًا

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa melakukan thowaf dalam keadaan idh-tibaa’” (HR. Ibnu Majah no. 2954. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan)

Idh-tibaa’ disunnahkan bagi laki-laki dilakukan di setiap putaran ketika thowaf. Ketika selesai dari thowaf, tidak lagi dalam kondisi idh-tibaa’, artinya pundak kanan kembali ditutup. Sampai-sampai ulama Hanafiyah dan Syafi’iyah memakruhkan shalat dalam keadaan pundak kanan masih terbuka (artinya: dalam keadaan masih idh-tibaa’).

Mungkin singkat saja artikel ini kami tutup sampai disini dan tidak bosan kami mengajak Anda ikut serta dalam paket umroh plus aqsha yang akan kami adakan 13-25 Maret 2019 bersama Mazq Tour – Travel umroh bandung.

baca juga : Ciri-ciri Biro Travel Umroh Yang Bisa Kita Percayai

Biaya sendiri silahkan Anda konfirmasi ke Customer Service kami 0811 2275 767 atau Anda bisa datang langsung ke kantor kami yang berlokasi di Jl WR Supratman no.102 Bandung. Segera daftarkan Anda beserta keluarga sebelum kuota habis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here