SHARE

Hai sahabat Mazq Tour, ketemu lagi rindu ya ? Jangan rindu itu berat, biar aku aja ๐Ÿ˜› . Masya Allah di pagi yang ceria ini sedikit candaan di awal artikel ini semoga membuat senyum berhias di wajah Anda pembaca.

Mengapa saya sangat bahagia menulis artikel ini, karena bahasannya bukan sembarangan. Bahasan nya adalah satu air yang mulia dari sumur mata air yang terletak di kawasan Masjidil Haram bernama air zamzam.

Terletak di sebelah tenggara ka’bah dan berkedalaman 42 meter, air zamzam ini menyimpan sejuta manfaat bagi kita. Ada juga sunnah haji dan umroh untuk meminumnya dan menyirami kepada dengannya seteleah melakukan shalat sunnah thawaf dua rakaat di belakang maqam Ibrahim.

baca disini : Sunnah Umroh โ€“ Shalat Sunnah Setelah Thawaf

Adapun manfaatnya sudah banyak bisa lihat di media sosial ataupun grup-grup chat. Yang paling membuat saya kagum adalah dari seorang peneliti asal Jepang Masaru Emoto, yang notabene nya bukan seorang muslim.

Dia mengungkapkan dalam buku nya The True Power of Water, air zamzam memiliki molekul yang beraturan. Molekul air zamzam berbentuk kristal indah yang berkilauan dan teratur. Emoto menyatakan bahwa selama meneliti molekul, hanya molekul air zamzam lah yang teratur. Di situ disebutkan kalau air zamzam tidak mengandung satu pun bakteri.

Air zamzam dinilai sebagai air yang sangat bersih dan suci. Di samping itu, air zamzam adalah air yang kaya akan kalsium (jenis mineral yang sangat penting untuk gigi dan tulang), bikarbonat (membantu pencernaan), magnesium (menjaga badan sehat), potassium (mineral yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan), dan sodium (menjaga metabolisme).

Juga dalam sebuah hadits shahih, Nabi shallallahu โ€˜alaihi wa sallam menyebut air zam-zam,

ุฅูู†ู‘ูŽู‡ูŽุง ู…ูุจูŽุงุฑูŽูƒูŽุฉูŒ ุฅูู†ู‘ูŽู‡ูŽุง ุทูŽุนูŽุงู…ู ุทูุนู’ู…ู

โ€œSesungguhnya air zam-zam adalah air yang diberkahi, air tersebut adalah makanan yang mengenyangkan.โ€[2]

Ditambahkan dalam riwayat Abu Daud (Ath Thoyalisiy) dengan sanad jayyid (bagus) bahwa Nabi shallallahu โ€˜alaihi wa sallam mengatakan,

ูˆูŽุดูููŽุงุกู ุณูู‚ู’ู…ู

โ€œAir zam-zam adalah obat dari rasa sakit (obat penyakit).โ€[3]

Hadits-hadits di atas menunjukkan khasiat air zam-zam. Air tersebut bisa menjadi makanan yang mengenyangkan dan bisa pula menjadi obat penyakit. Air tersebut juga adalah air yang penuh keberkahan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here