SHARE

Assalamualaikum sahabat. Sudah lama kita tak bahas tentang serba-serbi bahasan tentang umroh atau haji. Yap kami sebagai travel umroh dan haji dari kota Bandung membangun blog dengan web utama MazQ Tour.

Blog ini sendiri semata-mata memberikan informasi tentang bahasan-bahasan umroh haji dan tempat wisata halal khusus untuk Anda sahabat pembaca. Termasuk yang akan kita bahas kali ini yaitu tentang 5 Rukun umroh yang wajib sahabat calon jemaah umroh atau haji (Amiiin…) harus baca.

Rukun umroh memiliki pengertian sebuah perbuatan yang apabila salah satu dari amal Rukun ini ditinggalkan maka Umrah yang dilakukan tidak sah dan tidak dapat diganti dengan denda atau dam. Rukun Umroh ada lima, yaitu :

1. Niat Ihram
Niat Ihram adalah niat untuk mulai melakukan umroh atau haji. Jika tidak diniatkan maka umroh atau hajinya maka tidak sah.

2. Thawaf
Yaitu mengelilingi Ka’bah sebanyak 7 kali, dimana tiga putaran pertama dengan lari – lari kecil (jika mungkin), dan selanjutnya berjalan biasa.

Thawaf dimulai dan berakhir di Hajar Aswad dengan menjadikan Baitullah disebelah kiri.

baca juga : Paket Umroh Terbaik 20.5 Juta Langsung Berangkat

3. Sai (berjalan atau berlari-lari kecil)
Sa’i adalah rukun umroh ke-tiga yang dilakukan setelah rukun-rukun pertama dan kedua yaitu Niat Ihram di Masjid Birr Ali Madinah dan Thawaf di Masjidil Haram Makkah.

 

4. Tahalul
Tahallul secara harfiah artinya dihalalkan. Yakni dihalalkan bagi para jamaah umroh untuk melakukan hal-hal yang sebelumnya dilarang ketika mulai melakukan ihram.

Tahallul disimbolkan/dilaksanakan dengan mencukur rambut minimal sebanyak 3 helai.

 

5. Tertib
Tertib artinya rukun-rukun ini harus berurutan dimulai dari rukun umroh yang pertama hingga keempat. Kalau tidak maka umrohnya tidak sah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here