SHARE

Assalamualaikum sahabat, sebelumnya masih dalam minggu duka saat artikel ini diunggah (Agustus 2018) marilah kita kirimkan doa semoga diberi ketabahan untuk saudara kita di Lombok dan Bali yang mengalami musibah gempa 7.0 SR, Al-fatihah ….

Masjid Al Aqsha (masjidil aqsha) adalah tempat suci bagi kaum muslim, banyak dalil dan hadist tentang keutamaan masjid yang terletak di palestina ini. Tapi tau kah sahabat masq tour umroh
bahwa ada rahasia dalam masjid ini, yuk mari simak rahasia nya :

  • 1. Kubah Batu pertama dalam sejarah Islam

Kubah emas di areal masjidil aqsha (dome of rock) dulunya berupa kubah batu atau biasa disebut kubah Ash Shakhrah. Kubah ini merupakan kubah pertama yang pernah dibangun dalam sejarah Islam.

Kubah yang pondasi utamanya adalah kayu dengan penutup kuningan, timah atau keramik ini dibangun oleh Khalifah Umayyah Abdul Malik ibn Marwan. Seribu tahun kemudian, pada masa pemerintahan Khalifah Ottoman, Sulaiman, lapisan emas ditambahkan ke kubah beserta ubin Ottoman ke fasad bangunan.

  • 2. Al-Aqsa Memiliki Mimbar Legendaris

Mimbar yang kami maksud adalah mimbar Nooruddin Zanky.  Mimbar cantik ini unik karena dibuat tanpa menggunakan paku atau lem. Sayangnya Nooruddin (seorang pahlawan terbesar dalam sejarah Islam) tidak hidup untuk melihat kemenangan.

Namun anak didiknya Salahuddin Al-Ayyubi memenuhi keinginan gurunya, dan setelah membebaskan Yerusalem untuk ke-2 kalinya dalam sejarah Islam, dipasang mimbar tersebut. Hal ini masih sebuah karya legenda di antara seniman dan pengrajin.

  • 3. Imam Al Ghazali Menulis kitab di masjid Al-Aqsha

Imam Abu Hamid Al-Ghazali adalah pria yang dihormati oleh semua mazhab karena kemampuannya terjun ke dalam kedalaman jiwa manusia sementara sisanya berlabuh ke ajaran Al Quran dan Nabi. Imam Ghazali untuk sementara waktu pernah tinggal di Masjid Al- Aqsa dan menulis buku. Sebuah bangunan di masjid menandai situs kamar lamanya.

  • 4. Masjid ini berkubah abu-abu

Mungkin terdengar sepele, namun beberapa muslim yang masih awam belum paham betul tentang masjid kedua di muka bumi ini. Sebelumnya oleh kami tour wisata islami Mazq Tour telah jelaskan secara gamblang di artikel ini : Masjidil Aqsha Kiblat Shalat Pertama Umat Islam. Namun Masih banyak juga yang menganggap dome of rock/ kubah shakhrah (yang berkubah emas) itu masjidil Aqsha.

  • 5. Al-Aqsa Pernah Dibakar

Pada tahun 1967, Yerusalem jatuh di bawah kendali Israel. Tentara Israel mengibarkan bendera mereka di kubah masjidil Aqsha. Tak hanya itu, kumpulan Zionis Australia pun ikut andil membakar mimbar Nuruddin dan masjid Qibly.

Lautan api yang dihasilkan menyelimuti seluruh masjid Qibly. Dunia Islam terbangun dari mimpi buruk. Putus asa kaum muslim Palestina berusaha memadamkan api dengan cara apapun yang mereka bisa.

Itulah 5 rahasia Masjidil Aqsha yang menurut kami wajib sahabat ketahui. Tak luput juga kami sebagai penyedia jasa haji dan umroh terpercaya dari kota bandung menawarkan sahabat umroh plus aqsha dan mengunjungi masjid indah ini.

Tentunya sepulang dari melaksanakan haji atau umroh (yang wajib) kami akan antarkan sahabat menuju destinasi tempat wisata islam. Selain ke aqsha, kami juga sediakan tour travel murah ke luar negeri misal saja wisata halal jepang, china, maroko, spanyol, turki dan lain sebagainya. Jadi tunggu apalagi, segera daftarkan diri untuk bisa wisata bersama Mazq Tour.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here